Susah Memahami Bacaan di Artikel? Yuk, Kupas 10 Alasannya!

Pulauwin
8 min readApr 19, 2024
Gambar Ilustrasi dari PulauWin

Yow, sobat PulauWin! Kamu mungkin sering mengalami kesulitan dalam memahami sebuah bacaan di artikel atau buku. Nggak perlu panik, bro! Ada beberapa alasan kenapa hal itu bisa terjadi. Yuk, kita bahas satu per satu!

1. Terlalu Banyak Kata-Kata Sulit

Geng, lo pernah baca sesuatu yang bikin bingung ga karena pake kata-kata ribet atau istilah teknis yang nggak kita paham? Nah, itu salah satu alasan kita jadi susah ngertiin bacaan, bro. Kalo kebanyakan kata-kata sulit, bisa bikin kita jadi bingung dan nggak fokus pas baca.

Jadi begini, geng, kadang ada bacaan yang pake istilah-istilah rumit atau kata-kata yang jarang kita denger. Nah, itu bisa bikin kita jadi bingung dan nggak paham maksudnya. Kita bisa kehilangan fokus dan akhirnya bacaannya jadi ga masuk ke otak kita.

Makanya, penting banget buat kita sebagai pembaca buat cari bacaan yang lebih mudah dimengerti, geng. Kita bisa cari yang pakai bahasa yang lebih santai dan nggak ribet. Kalo emang ada yang sulit, kita bisa cari tahu artinya atau tanya sama orang yang lebih paham.

Intinya, geng, kita harus bisa ngertiin bacaan dengan baik. Kalo ada kata-kata yang bikin bingung, jangan ragu buat cari tahu atau minta penjelasan, ya, geng. Biar kita bisa fokus dan nggak bingung lagi pas baca.

2. Bahasa yang Terlalu Formal atau Rumit

Geng, pernah ga sih lo baca artikel atau buku yang pake bahasa formal atau ribet banget sampe bikin kita bingung? Nah, itu salah satu alasan kenapa kita bisa susah ngertiin bacaan. Kalo gaya tulisannya kebelit-belit, bisa bikin kita kebingungan dalam nyerap informasi, bro.

Jadi gitu, kadang kita nemuin artikel atau buku yang bahasanya formal banget atau pake istilah-istilah yang susah dipahami. Nah, itu bisa bikin kita jadi bingung dan akhirnya susah banget buat nyerap informasi yang sebenernya penting.

Makanya, geng, penting banget buat kita cari bacaan yang bahasanya lebih santai dan nggak ribet. Kita butuh yang enak dibaca dan gampang dimengerti, bro. Kalo emang ada yang susah dipahami, jangan ragu buat cari tahu artinya atau minta penjelasan dari yang lebih ngerti.

Intinya, geng, kita harus bisa ngertiin bacaan dengan baik. Kalo ada yang bikin kita kebingungan, jangan malu buat cari tahu atau minta tolong, ya, geng. Biar kita bisa nyerap informasi dengan lebih mudah dan nggak kebingungan lagi pas baca.

3. Gagap Membaca Bahasa Asing

Geng, lo pernah ga ngerasa kesusahan baca artikel atau buku yang pake bahasa asing, misalnya bahasa Inggris? Nah, itu bisa jadi bikin kita ngeluh, bro. Kalo kita gagap banget dalam bahasa itu, bisa bikin kita merasa kesulitan banget pas baca.

Jadi gitu, geng, kadang kita bisa kesusahan banget buat ngertiin bacaan kalo bahasanya bahasa asing. Misalnya, kalo bahasa Inggris, terus kita gagap banget, bisa bikin kita puyeng, bro. Kita bisa kehabisan kosakata atau bingung sama tata bahasanya.

Makanya, penting banget buat kita cari bacaan yang bahasanya sesuai sama kemampuan kita, geng. Kita bisa mulai dari yang lebih mudah dulu, baru naik levelnya pelan-pelan. Kalo emang susah, jangan ragu buat cari bantuan atau referensi tambahan, bro.

Intinya, geng, kita ga boleh nyerah pas hadepin bacaan dalam bahasa asing. Kita bisa belajar terus dan nanya kalo ada yang ga ngerti, ya, geng. Biar kita bisa ngertiin bacaan dengan lebih baik dan ga merasa kesulitan lagi pas baca.

4. Kurangnya Konsentrasi

Geng, pernah ga sih lo ngerasa susah fokus pas baca sesuatu? Nah, itu bisa jadi salah satu alasan kenapa kita susah ngertiin bacaan, bro. Kalo pikiran kita melayang kemana-mana atau terganggu sama hal lain, jelas kita jadi ga bisa fokus buat ngertiin bacaannya.

Jadi gitu, kadang kita baca sesuatu tapi pikiran kita jadi ga fokus, bisa karena keganggu sama hal lain atau melayang kemana-mana, geng. Nah, ini bikin kita jadi nggak bisa nyerap informasi yang sebenernya penting dalam bacaan itu.

Makanya, penting banget buat kita cari suasana yang tenang dan kondusif buat baca, geng. Kita butuh lingkungan yang bikin kita bisa fokus dan nyerap informasi dengan baik. Kalo emang ada gangguan, kayak notif dari hp atau suara-suara lain, mending dimatiin dulu biar fokus bacaannya.

Intinya, geng, kita harus bisa cari cara buat konsentrasi pas baca. Kita bisa coba fokusin pikiran dan buang jauh-jauh gangguannya, bro. Biar kita bisa ngertiin bacaan dengan lebih baik dan ga susah fokus lagi pas baca.

5. Kurangnya Pengetahuan atau Pengalaman

Geng, lo pernah baca artikel atau buku yang topiknya kayaknya asing banget buat lo? Nah, itu bisa jadi bikin kita bingung, bro. Kalo kita kurang paham atau ga punya pengalaman tentang topik itu, bisa bikin kita merasa kesulitan pas baca.

Jadi gini, geng, kadang kita baca sesuatu yang topiknya bener-bener baru buat kita atau ga pernah kita alamin sebelumnya. Nah, itu bisa bikin kita jadi kesusahan buat ngertiin bacaannya, bro. Kita bisa kehabisan pengetahuan atau bingung gimana cara ngeliat topik itu dari sudut yang lain.

Makanya, penting banget buat kita buat ngasah pengetahuan kita, geng. Kita bisa cari informasi tambahan tentang topik yang kita kurang paham, bro. Atau kalo emang susah banget, kita bisa tanya sama yang lebih ngerti atau cari referensi yang lebih gampang dimengerti.

Intinya, geng, kita ga boleh nyerah pas hadepin bacaan tentang topik yang baru buat kita. Kita bisa belajar terus dan cari tahu lebih banyak lagi, ya, geng. Biar kita bisa ngertiin bacaan dengan lebih baik dan ga merasa kesulitan lagi pas baca.

6. Terlalu Banyak Informasi Sekaligus

Geng, lo pernah baca artikel atau buku yang kayaknya tuangin banyak info sekaligus dalam satu paragraf? Nah, itu bisa jadi bikin kita keabisan napas, bro. Kalo banyak banget info dalam satu jilid, bisa bikin kita kewalahan dan susah buat ngolah semuanya.

Jadi, gini loh, kadang ada bacaan yang tuangin semua info dalam satu tempat. Misalnya, satu paragraf aja udah bawa banyak info yang nggak bisa kita proses dengan cepat, geng. Nah, ini bisa bikin kita jadi bingung dan susah buat ngertiin isi dari bacaan itu.

Makanya, penting banget buat kita cari bacaan yang lebih terstruktur, geng. Kita butuh yang info-info itu disajikan dengan jelas dan nggak semua ditumpuk jadi satu, bro. Kalo emang susah, mungkin kita bisa bagi-bagi bacaan itu jadi bagian-bagian yang lebih kecil buat lebih gampang dicerna.

Intinya, geng, kita harus bisa ngolah info dengan baik pas baca. Kalo ada yang terlalu banyak, mungkin kita bisa ambil napas sebentar atau cari cara buat ngurangin beban info yang masuk, ya, geng. Biar kita bisa nyerap informasi dengan lebih baik dan ga kewalahan lagi pas baca.

7. Terlalu Panjang dan Bertele-tele

Geng, pernah baca tulisan yang panjangnya kebangetan dan bertele-tele? Nah, itu bisa bikin kita ngantuk, bro. Kalo penulisnya terlalu lebay dan ga langsung ke intinya, bisa bikin kita males dan susah buat nyerap semua yang mereka mau sampaikan.

Jadi gini, kadang ada penulis yang suka banget ngepanjangin tulisannya sampe ga karuan. Mereka ga langsung ke pointnya dan malah bertele-tele, bikin kita bosen dan males baca lebih lanjut, geng. Akhirnya, kita jadi kehilangan minat buat ngertiin bacaan itu.

Makanya, penting banget buat kita cari tulisan yang to the point dan nggak berbelit-belit, geng. Kita butuh yang langsung ke inti pesannya tanpa muter-muter, bro. Kalo emang tulisan itu kepanjangan, mungkin kita bisa skim dulu buat liat bagian yang penting atau mungkin cari versi yang lebih ringkas.

Intinya, geng, kita ga boleh keabisan sabar pas baca tulisan yang terlalu panjang dan bertele-tele. Kita bisa cari cara biar lebih fokus ke inti pesannya, ya, geng. Biar kita bisa nyerap informasi dengan lebih baik dan ga kehilangan minat lagi pas baca.

8. Kurangnya Motivasi atau Minat

Geng, pernah ga sih lo baca artikel atau buku yang topiknya kayaknya ga menarik buat lo? Nah, itu bisa jadi bikin kita males baca, bro. Kalo kita kurang tertarik sama topiknya, otak kita bisa nolak buat nyerap informasi dengan baik.

Jadi gitu, kadang kita baca sesuatu yang topiknya ga sesuai sama minat kita. Misalnya, kita ga suka topik tentang sejarah atau politik, nah kalo bacaannya itu tentang itu, bisa bikin kita ngorok, geng. Kita jadi males buat ngertiin bacaannya secara keseluruhan.

Makanya, penting banget buat kita cari bacaan yang sesuai sama minat atau passion kita, geng. Kita butuh yang bikin kita excited buat baca dan ngertiin isinya dengan baik, bro. Kalo emang topiknya ga cocok, mungkin kita bisa cari bacaan yang lain yang lebih sesuai sama minat kita.

Intinya, geng, kita harus bisa cari bacaan yang bikin kita tertarik, ya. Kita butuh yang sesuai sama minat atau passion kita biar kita bisa nyerap informasi dengan lebih baik, bro. Jangan sampe kurangnya motivasi atau minat buat baca bikin kita susah ngertiin bacaan.

9. Gangguan Fisik atau Lingkungan

Geng, lo pernah ga sih baca sambil kecapekan atau di tengah keramaian? Nah, itu bisa jadi bikin kita susah fokus, bro. Gangguan fisik atau lingkungan kayak kelelahan, suara bising, atau lingkungan yang ga nyaman bisa bikin kita kesulitan konsentrasi pas baca.

Jadi gitu, kadang kita baca sambil badan udah lemes banget atau di tempat yang rame, nah bisa bikin kita jadi keganggu, geng. Kita jadi susah buat fokus ke bacaannya dan akhirnya nggak bisa ngertiin isinya dengan baik.

Makanya, geng, penting banget buat kita cari suasana yang tenang dan nyaman buat baca, bro. Kita butuh lingkungan yang bikin kita bisa fokus dan nyerap informasi dengan baik, geng. Kalo emang lagi cape atau di tempat yang ga kondusif, mending istirahat dulu atau cari tempat yang lebih nyaman buat baca.

Intinya, geng, kita ga boleh di ganggu fisik atau lingkungan pas lagi baca. Kita butuh suasana yang tenang dan kondusif buat nyerap informasi dengan baik, ya, geng. Jangan sampe gangguan kayak kelelahan atau lingkungan yang ga nyaman bikin kita susah fokus pas baca.

10. Teknik Membaca yang Kurang Efektif

Geng, lo pernah ga sih ngerasa kalo cara lo baca tuh kurang efektif? Nah, itu bisa jadi bikin kita susah ngertiin bacaan, bro. Kalo kita kurang jago dalam teknik kayak skimming, scanning, atau metode baca lainnya, bisa bikin kita ga efisien dalam nyerap informasi.

Jadi gitu, kadang kita baca tapi cara kita ngelakuinnya ga optimal, geng. Misalnya, kita baca satu per satu kata tapi ga bisa cepet nyerap informasinya, nah itu bisa bikin kita terlalu lama buat ngertiin isinya.

Makanya, geng, penting banget buat kita untuk pelajarin teknik-teknik baca yang lebih efektif, bro. Kita bisa cari tau tentang skimming, scanning, atau cara lain yang bisa bantu kita nyerap informasi dengan lebih cepet dan tepat, geng. Jadi, kita bisa lebih efisien dalam membaca dan ngertiin bacaan dengan lebih baik.

Intinya, geng, kita harus bisa cari teknik baca yang cocok buat kita, ya. Kita butuh yang bisa bantu kita ngertiin bacaan dengan lebih cepet dan efisien, bro. Jangan sampe kurangnya kemampuan teknik membaca bikin kita susah nyerap informasi dengan baik, ya, geng.

Penutup

Jadi gitu, geng, ada banyak banget alasan kenapa kita sering kesusahan ngertiin bacaan di artikel atau buku. Penting banget kita terus upaya buat naikin kemampuan baca kita dan cari teknik yang cocok buat kita, sesuai sama gaya belajar masing-masing. Semoga dengan usaha dan kesabaran, kita bisa atasin masalah ini dengan baik!

Intinya, geng, kita harus stay semangat buat terus belajar dan ngembangin kemampuan baca kita, ya. Kita bisa coba teknik-teknik baru, cari referensi tambahan, atau minta bantuan dari yang lebih ngerti. Pokoknya, jangan nyerah dan terus berusaha, geng.

Semoga dengan usaha keras kita, kita bisa jadi pembaca yang lebih baik dan nggak kesulitan lagi pas hadepin bacaan, bro. Jadi, yuk kita terus maju dan tingkatkan kemampuan baca kita bareng-bareng!

--

--

Pulauwin

Pulauwin - Petualangan Gaming Paling Asyik! Rasakan Keseruan dalam Dunia Online Kece! Jangan lewatkan https://ppulau777.com/ https://puulauwin.info/ pulau777.id