Cara Biar Nggak Kesel Ketika Orang Tua Ngomongin Masa Depan

Pulauwin
8 min readApr 17, 2024
Gambar Ilustrasi dari PulauWIn

Yow, sobat PulauWin! Pasti pernah kan ngalamin momen di mana orang tua ngomongin rencana masa depanmu yang nggak sesuai dengan yang kamu harapin? Bikin kesel banget kan? Tapi, tenang aja, ada beberapa trik yang bisa kamu coba biar nggak kesel setiap kali ngadepin situasi kayak gini. Check it out!

1. Dengarkan dengan Terbuka dan Sabar

Geng, pas lagi ada sesi ngobrol serius sama ortu soal masa depan lo, yang pertama-tama lo harus lakuin tuh dengerin dengan terbuka dan sabar. Jangan langsung bawa emosi atau marah-marah. Luangkan waktu buat buka pikiran lo dan coba pahami apa yang mereka mau sampaikan.

Begini, kadang kita suka punya reaksi cepet banget pas ortu mulai ngomongin hal-hal yang penting. Tapi beneran deh, luangkan waktu buat dengerin dengan hati yang tenang. Mungkin ada alasan tertentu di balik apa yang mereka sampaikan, dan penting buat lo buka pikiran buat ngertiin perspektif mereka.

Jangan sampe lo langsung defensif atau menolak omongan mereka. Cobain deh untuk bertahan dan dengarkan dengan baik apa yang mereka mau sampaikan. Siapa tau dari situ lo bisa dapet insight baru atau pemahaman yang lebih dalam tentang masa depan lo.

Ingat, geng, hubungan sama ortu tuh penting banget. Jadi, luangkan waktu buat dengerin mereka dengan terbuka dan sabar. Buka pikiran lo, pahami alasan mereka, dan diskusikan dengan baik. Siapa tau dari situ bisa dapet solusi atau kesepakatan yang baik buat masa depan lo. Ayoo, semangat!

2. Jangan Langsung Ambil Pusing

Geng, kadang kita suka terlalu cepat ambil pusing kalo ortu mulai ngomongin soal masa depan kita. Padahal, belum tentu semuanya bakal jadi kenyataan. Jadi, jangan terlalu serius atau terbebani dengan omongan mereka. Anggap aja sebagai saran atau masukan yang bisa lo pertimbangkan.

Gini nih, jangan langsung panik atau stres kalo ortu mulai ngomongin hal-hal yang bikin lo was-was. Mungkin itu cuma sebatas pembicaraan, atau mungkin juga itu cuma jadi wacana aja. Jadi, gak perlu langsung diambil hati.

Ingat, geng, hidup ini gak selalu harus dikelola dengan beban pikiran yang berlebihan. Terkadang kita suka overthinking tanpa perlu, padahal masalahnya belum tentu sebesar yang kita pikirkan. Jadi, jangan sampe terlalu dipikirin, ya!

Yang penting, lo punya hak buat menentukan arah hidup lo sendiri. Jadi, saran atau masukan dari ortu itu penting, tapi yang putus akhirnya tetap lo. Jadi, ambil yang bermanfaat dan lo pikir bisa lo terapin, sisain yang nggak perlu lo pikirin berlebihan.

Jadi, jangan langsung ambil pusing, geng. Santai aja, anggap itu sebagai bagian dari diskusi keluarga yang biasa. Lo punya kontrol atas hidup lo sendiri, jadi jangan biarkan pembicaraan orang lain bikin lo stres. Ayoo, semangat!

3. Jujur tapi Hormat

Geng, pas lagi ngobrolin rencana masa depan sama ortu, yang penting tuh lo harus jujur tapi tetap kasih hormat. Ekspresiin perasaan lo dengan baik, tapi hindari ngomong kasar yang bisa bikin mereka tersinggung.

Begini, kalo lo gak setuju atau ada hal yang lo pengen sampaikan, ya sampaikan aja dengan jujur. Tapi pastiin lo ngomongnya sopan dan hormat, gak kayak lagi marah-marah gitu. Misalnya, lo bisa bilang, “Ma, Pa, sebenernya aku pengen eksplorasi karir di bidang yang lain, tapi aku tetap menghargai pendapat kalian.”

Jujurin perasaan lo itu penting, geng, biar ortu bisa ngertiin lo lebih dalam. Tapi pastiin juga lo ngomongnya dengan hati-hati biar gak menyakiti perasaan mereka. Kita gak mau kan suasana jadi tegang atau jadi konflik karena salah ngomong.

Ingat, geng, komunikasi yang baik itu kunci dari hubungan yang sehat. Jadi, lo harus bisa jujur tapi tetap hormat dalam menyampaikan pendapat lo. Kalo lo bisa ngomong dengan baik, pasti ortu bakal lebih terbuka buat mendengar dan memahami apa yang lo rasain. Ayoo, semangat!

4. Beri Penjelasan tentang Harapanmu

Geng, salah satu cara biar ortu bisa lebih ngertiin lo adalah dengan kasih tau mereka apa sebenernya yang lo harapin buat masa depan lo. Ceritain deh apa impian lo, apa passion lo, dan apa yang bikin lo seneng. Mungkin dengan lebih ngertiin, mereka bisa lebih support sama lo.

Begini, lu punya hak buat punya mimpi dan impian sendiri, geng. Jadi jangan ragu buat sharing sama ortu tentang apa yang lo pengen capai atau lo pengen jadi ke depannya. Misalnya, lo bisa cerita, “Ma, Pa, sebenernya aku punya mimpi buat jadi pengusaha sukses di bidang kreatif, karena itu yang bikin aku paling passionate.”

Kalo lo bisa jelasin dengan baik apa yang lo pengen, mungkin ortu bakal lebih bisa ngertiin lo. Mereka juga bisa lebih support dan membantu lo mencapai tujuan lo. Siapa tau mereka punya saran atau bisa bantu lo menjalani perjalanan menuju impian lo.

Jadi, jangan ragu buat sharing, geng. Tunjukin sama ortu apa yang sebenernya lo mau, dan jangan takut buat cerita apa yang bikin lo bersemangat. Dengan begitu, mereka bisa lebih mengerti dan mendukung langkah lo ke depannya. Ayoo, semangat!

5. Diskusi dengan Terbuka

Geng, ajak ortu lo buat ngobrol terbuka tentang masa depan lo. Bicarain apa yang lo pengen dan tanya pendapat mereka. Diskusi yang terbuka bisa bikin suasana jadi lebih chill dan saling menghargai.

Begini, lo tuh punya hak buat terlibat dalam pembicaraan soal masa depan lo, geng. Jadi jangan ragu buat buka-bukaan sama ortu tentang impian dan rencana lo. Misalnya, lo bisa bilang, “Hey, Ma, Pa, gue pengen banget ngobrol sama kalian tentang masa depan gue. Gimana pendapat kalian tentang rencana gue untuk kuliah di luar negeri?”

Diskusi yang terbuka tuh penting, geng, biar lo bisa ngomongin apa yang lo pengen dengan lebih bebas. Di samping itu, lo juga bisa dengerin pendapat mereka dan mungkin dapet insight baru buat memutuskan langkah lo ke depannya.

Jadi, jangan tunggu-tunggu lagi, geng. Ajak ortu lo buat ngobrol santai tentang masa depan lo. Bicarain apa yang lo pengen, tanya juga pendapat mereka, dan buat suasana jadi lebih asik. Dengan diskusi yang terbuka, lo bisa lebih siap menghadapi masa depan dengan lebih mantap. Ayoo, semangat!

6. Tetap Jaga Keterbukaan Komunikasi

Geng, yang penting banget itu keterbukaan komunikasi, ya! Jangan biarin ada rasa malu atau takut buat ngomongin apa yang lo rasain. Ngomonglah dengan jujur tentang pendapat lo dan dengerin juga apa yang ortu lo mau bilang dengan hati yang terbuka.

Begini, kunci suksesnya hubungan dengan ortu tuh ada di komunikasi yang terbuka. Jadi gak usah takut buat ekspresiin pendapat lo, geng. Misalnya, lo bisa bilang, “Bro, aku punya pemikiran tentang kuliah di luar negeri, tapi aku agak bimbang. Mau dengerin pendapat lo nih.”

Dengan tetep jaga komunikasi terbuka, lo bisa lebih nyaman ngomongin apa aja sama ortu. Gak perlu takut ada konflik atau gimana, yang penting lo bisa saling dengerin dan menghargai pendapat satu sama lain.

Jadi, jangan ragu buat buka-bukaan sama ortu, geng. Ngomongin apa yang lo rasain dan dengerin juga apa yang mereka mau bilang. Dengan keterbukaan komunikasi, hubungan lo sama ortu bisa lebih baik dan lebih deket. Ayoo, terus jaga komunikasi terbuka dan semangat!

7. Fokus pada Hal yang Bisa Kamu Kontrol

Hidup emang penuh dengan hal-hal yang nggak bisa kita kontrol. Gue paham, kadang kita bisa merasa kebingungan atau khawatir tentang masa depan, tapi cek lagi deh, ada kok beberapa hal yang bisa kita atur sendiri. Jadi, daripada fokus terus-menerus pada yang nggak bisa kita ubah, lebih baik kita ngebut ke arah yang bisa kita kendalikan, bro.

Gini nih, misalnya lu mau mencapai tujuan tertentu, mendingan fokus sama hal-hal yang bisa lu lakukan buat mencapainya. Jangan cuma duduk dan mikirin yang di luar kendali, lah wong buat apa, kan? Lu bisa mulai dengan bikin rencana atau action plan, atur strategi yang bener, dan aksi nyata, geng! Jangan cuma ngomong, tapi lakuin, bro!

Ingat, hidup itu nggak selalu tentang jadi bawahan situasi. Kita punya kekuatan buat ngejar apa yang kita mau. Jadi, jangan lemes, geng! Ambil kendali atas hidup lu, jadiin itu kayak motor lu, yang lu kendalikan sendiri jalannya. Gak ada yang bisa nyetirin hidup lu kecuali lu sendiri, kan?

Jadi, gak usah mikirin hal yang nggak bisa kita atur, geng. Fokus ke hal-hal yang bisa kita kontrol, dan lakukan yang terbaik dari yang terbaik. Hidup cuma sekali, jadi jangan sia-siain, geng!

8. Tetap Percaya Diri dan Optimis

Nah, geng, pas lagi bahasin soal masa depan, lo harus tetep yakin sama diri lo sendiri dan stay positive, bro! Percayalah bahwa lo punya bakat dan kemampuan buat dapetin semua yang lo pengenin. Dengan attitude yang positif, lo bisa hadepin segala pembicaraan tentang masa depan dengan lebih santai, geng.

Gini nih, lo mesti inget, keyakinan sama diri sendiri tuh penting banget, bro. Jangan pernah ngedown-in diri sendiri. Lu harus yakin, bahwa lo bisa ngejar mimpi lo, gak peduli seberapa gede tantangannya. Dan tentunya, kunci dari semuanya itu adalah tetep berpikiran positif, geng!

Jadi, jangan biarin keraguan dan ketakutan ngeracunin pikiran lo, bro. Percayalah sama potensi yang lo punya, dan yakin bahwa semua bakal jadi baik-baik aja. Kalau lo bisa liat masa depan dengan optimis, segala sesuatunya bakal terasa lebih ringan dan lo bisa hadepin semuanya dengan tenang.

Ingat, geng, hidup ini tentang bagaimana cara lo ngeliatnya. Jadi, pastiin lo liatnya dari sisi yang positif, dan percaya bahwa hal-hal baik bakal dateng ke arah lo. Tetep yakin sama diri lo sendiri dan stay positive, bro! Itu kunci buat hadepin masa depan dengan mantap!

9. Carilah Dukungan dari Orang Lain

Kalo lu lagi merasa kerepotan ngomongin masa depan sama ortu, gapapa kok nyari dukungan dari yang lain. Bisa dari temen, sahabat, atau bahkan konselor yang punya pandangan dan saran beda, bro.

Gini nih, kadang kita tuh butuh perspektif baru, terutama kalo ngadepin pembicaraan yang bikin kita bingung, kan? Jadi, nggak ada salahnya buat cerita atau minta masukan dari orang-orang di sekitar kita. Mereka bisa ngasih pencerahan baru yang mungkin nggak terpikirin sebelumnya, geng.

Lo bisa banget diskusi sama temen-temen yang udah lewatin situasi serupa atau mungkin sahabat yang lu percayai. Mereka bisa ngasih saran atau sekadar jadi tempat curhat yang bisa bikin lo ngerasa lebih lega, bro. Kalau perlu, lo juga bisa cari konselor yang emang ahli dalam hal kayak gini, geng.

Yang penting, jangan ngadepin semua sendirian, bro. Dukungan dari orang lain itu penting banget buat ngebantu kita hadepin pembicaraan yang mungkin bikin stres atau bingung. Jadi, jangan ragu buat nyari bantuan dari sekitar lo, geng. Kita nggak selalu harus jalanin semuanya sendirian, kan?

10. Tetap Tenang dan Bersyukur

Yang terakhir nih, tetep stay chill dan bersyukur atas apa yang lo udah punya sekarang. Meskipun ada pembicaraan tentang masa depan yang mungkin bikin lo kurang seneng, tetep aja hargain semua yang lo dapetin sekarang, bro. Dan yakinlah bahwa semua bakal oke di masa yang akan dateng.

Gini, kita kadang suka fokus ke depan sampe lupa sama apa yang kita udah dapetin sekarang, kan? Nah, jangan gitu, bro. Tetep hargain setiap momen dan pencapaian yang udah lo raih. Lu harus sadar, bahwa hidup ini nggak cuma soal masa depan doang, tapi juga tentang nikmatin setiap detiknya.

Jadi, kalo ada pembicaraan yang bikin lo agak down, cobalah untuk tetep liat sisi positifnya, geng. Ingat, ada banyak hal baik yang udah ada di kehidupan lo sekarang. Coba deh lu pikirin, ada apa aja yang bikin lo bersyukur dan bahagia saat ini, bro.

Yang paling penting, tetep percaya bahwa semua bakal baik-baik aja, geng. Kita gak pernah tau persis apa yang bakal terjadi di masa depan, tapi yang pasti, kita bisa kontrol cara kita ngeliat dan ngadepinnya. Jadi, stay chill, bersyukur, dan yakin bahwa segala sesuatunya bakal berjalan dengan baik, bro!

Penutup

Yow, geng, itu dia beberapa saran dari gue buat lo yang sering kesel kalo ortu lagi bawa-bawa masa depan lo yang nggak sesuai keinginan. Ingat ya, nggak ada masalah yang gak bisa diatasi kalo lo komunikasinya lancar dan punya sikap positif. Semangat terus, geng!

Jadi, intinya, jangan ngedown-in diri kalo ada pembicaraan yang bikin lo emosi, bro. Lo bisa atasin itu semua dengan ngobrol baik-baik sama ortu dan punya sikap yang positif dalam ngadepinnya. Gak perlu takut buat ngomongin perasaan lo atau nunjukin apa yang lo pengenin ke depan, asal dilakuin dengan baik dan dewasa.

Semua bakal lebih gampang kalo lo punya sikap positif dan optimis, geng. Jadi, jangan biarin hal-hal kecil bikin lo kecil hati. Ambil lah itu sebagai peluang buat tumbuh dan belajar lebih baik lagi.

Jadi, semangat terus, geng! Lu pasti bisa hadepin segala masalah yang muncul, asal lo punya komunikasi yang oke dan sikap yang positif. Remember, gak ada yang nggak bisa diselesaikan, bro!

--

--

Pulauwin

Pulauwin - Petualangan Gaming Paling Asyik! Rasakan Keseruan dalam Dunia Online Kece! Jangan lewatkan https://ppulau777.com/ https://puulauwin.info/ pulau777.id